Thursday, August 30, 2012

Pil KB, Alat Kontrasepsi Incaran Perempuan?

Banyak alat kontrasepsi yang beredar di pasaran mulai dari pil, suntik, IUD, bahkan inplan. Namun berdasarkan pengamatan, pil KB lah yang banyak menjadi incaran kaum perempuan. Benarkah ?

Setelah 50 tahun diciptakan, pil KB sebagai metode kontrasepsi oral masih tetap menjadi pengendali kelahiran terkemuka di Amerika Serikat.

Dalam sebuah survei yang dilakukan antara tahun 2006-2008 menunjukkan bahwa 10,7 juta perempuan usia 15-44 tahun telah menggunakan pil KB untuk mengontrol kelahiran, sedangkan 10,3 juta telah disterilkan.

Laporan yang dirilis oleh Pusat Statistik Kesehatan Nasional juga menunjukkan bahwa 62% dari 61,9 juta wanita berusia 15-44 tahun di AS menggunakan alat kontrol kelahiran.

Semua alat kontrasepsi yang tersedia pasti memiliki prosentase kegagalan. Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya kaji dulu kepentingan menggunakan kontrasepsi. Untuk mencegah kehamilan atau menghindari penyakit seks menular.

Dari semua jenis alat kontrasepsi yang ada, pil KB yang paling laris digunakan. Bisa jadi karena alasan efektivitas, keamanan dan kemudahan dalam menggunakannya.

Anda tak perlu repot-repot 'memasukkan' sebuah alat ke tubuh Anda, cukup dengan mengkonsumsinya secara teratur dan sesuai peraturan. Sebuah keharusan untuk meminum pil ini dengan disiplin.

Bagi pemula, blister pertama harus diminum pada hari pertama haid. Fungsinya untuk memastikan bahwa sang wanita tidak sedang hamil dan menjamin saat haidnya selesai ia sudah mendapat perlindungan kontrasepsi.

Sebagai informasi, pil KB memang bekerja mencegah ovulasi dan mengentalkan cairan leher rahim, yang membuat sperma tidak bisa masuk ke mulut rahim. Selain itu, akan terbentuk kondisi rahim yang tidak sesuai pertumbuhan janin.

Sumber : inilah

No comments:

Post a Comment